Minggu, 02 Juni 2013

FUNGSI FORMAT CELL PADA MS EXCEL



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
            Microsoft Exel merupakan program aplikasi yang di gunakan untuk melakukan perhitungan rumus, analisa lembar kerja, membuat tabel, laporan keuangan, laporan penjualan, laporan pembelian, daftar gaji, pembuatan grafik dan lain lain. Lembar kerja Microsoft Exel terdiri atas 256 kolom yang di wakili oleh huruf A,B,C, . . . dan seterusnya, serta terdiri dari 65536 baris yang di wakili oleh angka 1, 2, 3, . . . . dan seterusnya.
            Pertemuan antara kolom dan baris di sebut sel, sebagai contoh misalnya A1, berarti sel tersebut terletak pada kolom A dan baris 1. Pada Microsoft Exel dikenal istilah     worksheet dan workbook. Whorsheet merupakan lembar kerja yang di gunakan untuk melakukan pekerjaan yang berbentuk tabel, sedangkan workbook merupakan kumpulan dari beberapa worksheet.
            Pada microsoft Exel ada yang di namakan Format cell Di gunakan Untuk mengatur sel pada lembar kerja.
Untuk melengkapi daftar format, klik kanan pada sel yang disorot dan pilih Format Cells dari shortcut menu atau pilih Format Cells dari menu bar.
·         Number tab – Tipe data yang bisa dipilih dari options pada tab ini. Pilih General jika sel berisi teks dan angka, atau kategori penghitungan lain jika jumlah sel dimasukkan dalam fungsi formula.
·         Alignment tab – Option ini mengijinkan anda untuk mengubah posisi dan data
alignment pada sel.
·         Font tab – Semua font atribut ditunjukkan dalam tab ini termasuk muka font, ukuran, style dan effect.
·         Border and Pattern tabs – Tab ini mengijinkan anda untuk memasukkan garis tepi, shading, dan warna background dalam sel.
B. Rumusan Masalah
            Apakah Fungsi Dari FORMAT CELL pada MICROSOFT OFFICE.
·         Fungsi Number
·         Fungsi Alignment
·         Fungsi Font
·         Fungsi Border
·         Fungsi Fill
·         Fungsi Protection
C. Tujuan penulisan
            Makalah ini disusun dalam rangka memenuhi tugas Mata Kuliah APLIKASI KOMPUTER.

D. Manfaat Penulisan
            Agar para pembaca dapat  menambah wawasan dan pemahaman tentang fungsi format cell pada microsoft exel. Dan Untuk menambah wawasan pengetahuan tentang microsoft exel selain itu bermanfaat juga bagi semua mahasiswa yang akan menyusun makalah tentang Microsoft Exel.








BAB II
PEMBAHASAN
A. Number
            Number dapat gunakan untuk mengatur/memformat angka dari cell. Pilihan format number merupakan  jenis format yang penting dan paling sering digunakan dalam praktik.



Terdiri dari beberapa bagian yaitu :
·         General pengaturan umum tanpa format.
·         Number pengaturan format angka yang akan ditentukan kemudian seperti jumlah angka dibelakangkomadan penggunaan pemisah ribuan misalnya 12.000,00.
·         Currency memberi pengaturan lambang mata uang suatu negara.
·         Accounting penulisan mata dengan menggunakan aturan akuntansi. Mata uangnya berada dikiri, sedangkan nilai angkanya berada rata kanan.
·         Date digunakan untuk penulisan format tanggal misalnya, 3/14/13
·         Time digunakan untuk menulis jam misalnya, 07:50:35.
·         Percentage menampilkan angka dalam bentuk persentasse. Misalnya 0,1 akan ditampilkan 10%.
·         Fraction menuliskan angka decimal dalm bentuk pecahan. Misalnya:0,75 akan ditulis menjadi3/4
·         Scientific penulisan angka dengan gayadibidang sains. Misalnya 1450 akan ditulis1,e+03
·         Text : penulisan semua data kedalam selakn dianggap sebagia teks meskipun ituu angka.salh satu kegunaan adalah membiarkan anka nol (0) yang ditulis didepan angka, misalnya pada penulisan nomor telepon. Sebab jika denga  format teks, mak excel secara otomatis akan menghilangkan angka nol ( 0 ) tersebut.
·         Special digunakan untuk mengatur penuliasan tipe format tertentu seperti kode pos dan no tetepon sesuai dengan negar yang diingingkan
·         Custom digunakan untuk melakukan pengaturan format sendiri.


B. Format Alignment
            Format Alignment dapat  gunakan untuk mengatur/memformat penempatan isi cell  angka, huruf dan objek.
Gambar fasilitas format Alignment seperti  di bawah ini ;
Pada tabulasi  format alignment beberapa pilihan pengaturan perataan data.

Didalam format  Alignment itu sendiri terdapat 4 buah pengaturan antara lain :
·         Text Alignment dapat gunakan untuk mengatur perataan teks, didalam Text Alignment terdapat 2 pengaturan diantaranya :

1.      Horizontal : Digunakan untuk perataan secara horisontal ( letak tuliasan secara mendatar dari kiri ke kanan). Pada bagian horizontal terdapat beberapa buah pilihan antara lain sebagai berikut:
v  General yaitu tulisan terletak di sebalah kiri dalam cell
v  Left adalah untuk meratakan data sel pada bagian kiri.
v  Center  adalah untuk meratakan data sel pada bagian tengah horizontal
v  Right adalah untuk meratakan data sel pada bagian kanan
v  Fiil adalah untuk mengulangi penulisan data dalam sel hingga memenuhi lebar kolom sel yang telah terbentuk
v  Justify adalah untuk meratakan data teks yang panjang dalam sebuah cell yaitu rata pada bagian kira dan rata pada bagian kanan
2.      Vertical : Digunakan untuk perataan secara vertical (letak tulisan dari atas ke bawah). Pada bagian vertikal terdapat beberapa pilihan antara lain sebagai berikut:
v  Bottom teks akan ditempatkan dibawah pada garis
v  Top teks akan ditempatkan diatas pada garis
v  Center teks berada ditengah pada garis
v  Justify teks akan ditempatkan diatas pada garis
v  Distributet

·         Teks Control dapat  digunakan untuk mengatur teks didalam cell. Pada teks Control terdapat beberapa buah pilihan yaitu:
v  Wrap Text digunakan agar teks mengikuti ukuran lebar cell.
v  Shrink to fit digunakan agar teks mengecil mengikuti lebar cell.
v  Merge cells digunakan untuk menggabungkan beberapa cell menjadi satu cell.
·         Right-to-leftd apat  digunakan agar format penulisan berpindah dari kanan ke-kiri.
            Text Direction digunakan untuk arah penulisan dari teks . Pada bagian teks direction terdapat beberapa buah pilihan yaitu:
v  Context           : format penulisan angka default/standard
v  Left-to-right   : format penulisan angka dari kiri
v  Right-to-left   : format penulisan angka dari kanan
·         Orientation dapat Anda gunakan untuk mengatur derajat kemiringan dari data didalam cell.


C. Format Font
            Pada pilihan format font dapat  digunakan untuk mengatur/memformat karakter/huruf dari cell, baik berupa huruf atau angka (jenis, besar, tanda,khusus dan warna. Font adalah istilah yang menjelaskan apapun yang terkait dengan angka dan huruf, walaupun dalam praktik font lebih sering dihubungkan dengan huruf saja. Pengaturan font meliputi banyak hal seperti mengatur ukuran, jenis (style), warna. Dalam program aplikasi font sering dikaitkan hanya dengan jenis font( Times Roman, arial dll).


Dalam kotak  dialog format cells terdapat pilihan perintah untuk mengatur format yang terdapat dalam grup font  antara lain adalah sebagai berikut;
1)      Font model tulisan, bisa kita gunakan font  sesuai yang kita inginkan.
2)      Underline untuk memberi garis bawah yang ingin dipakai. Pada bagian underline terdapat beberapa pilihan diantaranya adalah ;

v  None , tanpa garis atau tanpa bingkai.
v  Singel garis bawah tunggal.
v  Double garis bawah ganda,
v  Single accounting garis bawah tunggal pada penulisan akuntasi.
v  Double accounting garis bawah ganda pada penulisan akuntasi.

3)      Font Style bentuk huruf. Pada bagian font style terdapat bagian pilihan antara lain sebagai berikiut:
v  Reguler standar Tulisan tanpa diubah.
v  Bold untuk mempetebal huruf.
v  Italic bentuk tulisan miringBold Italic mempertebal dan bentuk miring tulisan.

4)      Size digunakan untuk ukuran besar, kecilnya huruf yang ingin kita pakai
5)      Pada bagian font  effect terdapat beberapa pilihan antara lain sebagai berikut:
v  Strikethrough untuk memberi coretan pada tulisan.
§  Contoh STKIP ( bisa dalam bentuk huruf  maupun dalam bentuk angka)
v  Superscript untuk membuat tulisan pangkat.
§  Contoh 102  ( bisa dalam bentuk huruf  maupun dalam bentuk angka)
v  Subscript untuk memberi efek cetak bawah.
§  Contoh 134( bisa dalam bentuk huruf  maupun dalam bentuk angka)
6)      Pada pilihan font color, pilih warna teks atau huruf yang ingin dipakai.

D. Format Border.

            Border Cells yang maksud adalah garis pembatas antara masing-masing cell. Pertama-tama, kita akan membahas cara membuat border dalam sheet Excel.
Untuk membuat border dalam cells Excel, pertama blok area yang akan diberi border, dan pilih jenis border yang akan dibuat.Dapat kita  gunakan untuk mengatur/memformat bingkai/garis luar dalam dari cell.


Kita juga dapat menggunakan pilihan perintah pada tombol border antara lain sebagai berikut;
Ø  Line style adalah untuk mengganti bentuk garis border.
Ø  Line color adalah untuk mengganti warna garis border.
Ø  Presets garis keseluruhan. Pada presets terdapat 3 buah pilihan yaitu:
Ø  None tidak memiliki garis atau tanpa bingkai
Ø  Out line  memberi garis bagian pinggir atau garis bagian luar yang diblok
Ø  Inside memberi garis bagian dalam yang diblok
Ø  Border garis pembatas antara masing-masing cell.

E. Format Fill
            Dapat Anda gunakan untuk memberikan warna pada cell atau memberi warna pada lembar kerja.

Gambar  Fasilitas format fill seperti gambar dibawah ini :







Pada bagian format fill terdapat beberapa bagian pilihan  yaitu:
ü  Background Color dapat digunakan  untuk memberi warna pada latar belakang pada table.
ü  Fiil Effects dapat digunakan untuk memilih warna beserta efek tertentu sesuai keinginan kita.
ü  More color dapat gunakan untuk memilih lebih banyak warna.
ü  Pattern color dapat gunakan untuk memilih warna arsiran dari cell.
ü  Pattern Style dapat gunakan untuk memilih jenis arsiran yang kita inginkan.


F. Format Protection

            Pada bagian terakhir kotak dialog format cell adalah protection. Fasilitas ini digunakan unutk mengatur proteksi dari suatu sel.



Dalam halaman protection tersebut terdapat dua pilihan yaitu:

ü  Locked adalah digunakan untuk mengunci suatu sel.
ü   Hidden adalah digunakan untuk menyembunyikan sel 

            Setelah menyembunyikan kolom atau baris, kadang kita perlu melihat atau menampilkan kembali isi kolom atau baris tersebut. Mungkin hanya sekedar melihat-lihat kolom sebelum pengeditan, ataupun untuk hal lainnya. Untuk memunculkan kolom dan baris yang telah disembunyikan sebelumnya anda bisa menggunakan langkah berikut. Blok baris dan kolom yang mengapit kolom yang disembunyikan. Misalkan kita menyembunyikan kolom B dan C, maka kita harus memblok kolom A hingga D. atau jika kita menyembunyikan baris 23, 24, dan 25, maka untuk menampilkannya kita blok baris 22 hingga 26, dan seterusnya.Selanjutnya klik kanan pada area yang sudah diblok tadi Pada  menu yang muncul, klik item unhide Baris atau kolom yang anda sembunyikan yang berada di dalam blok baris atau kolom akan segera ditampilkan.
            Untuk mengetahui ada tidaknya baris yang disembunyikan, bisa anda lihat pada header kolom atau header baris. pada header tersebut akan terjadi “lompatan” urutan, misalkan bila kolom B dan C di hidden, maka pada header akan tampil judul kolom A, D, E, F dst. Demikian juga jika ada baris yang disembunyikan, header baris akan terlihat ada “lompatan” urutan.
















  

  
BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
Microsoft Exel merupakan program aplikasi yang di gunakan untuk melakukan perhitungan rumus, analisa lembar kerja, membuat tabel, laporan keuangan, laporan penjualan, laporan pembelian, daftar gaji, pembuatan grafik dan lain lain. Pada microsoft Exel ada yang di namakan Format cell Di gunakan Untuk mengatur sel pada lembar kerja.

B Saran.
Kita harus banyak belajar tentang Microsoft Exel Karna sangat berguna Untuk membantu kita mempermudah untuk menganalisa lembar kerja dan lain sebagainya.

















DAFTAR PUSTAKA

http://www.google.com diakses 31 April 2013
http://www.wekipedia.com diakses 31 Aprilt 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar