Minggu, 16 November 2014

PERSEPSI DAN KOMUNIKASI " PERILAKU ORGANISASI"


BAB I
PENDAHULUAN


A. LATAR BELAKANG
            Dalam perkembangannya persepsi tergantung pada komunikasi, komunikasi pun tergantung pada persepsi, keduanya merupakan berkaitan sangat erat. Persepsi timbul karena adamya faktor internal dan eksternal, faktor internal antara lain tergantung pada proses pemahaman sesuatu termasuk di dalamnya sistem nilai tujuan.  Sedangkan faktor eksternal berupa lingkungan. Komunikasi timbul karena seseorang ingin menyampaikan informasi keadaan orang lain.
            Komunikasi merupakan hal yang amat penting dalam perilaku organisasi, komunikasi tidak sekedar proses penyampaian informasi yang simbol-simbolnya dapat dilihat, didengar, dan dimengerti, tetapi proses penyampaian informasi secara keseluruhan termasuk di dalamnya perasaan dan sikap dari orang yang menyampaiakan tersebut.  
            Komunikasi acap kali dipergunakan sebagai alasan terjadinya serta persoalan di dunia ini, sebagaimana dikatakan oleh Hicks dan Gullet :  
Perhaps it is true, as some one has suggested, that the heart of all the world’s problems-at least men with each others is man’s inability to communicate as well as he thunk he is communicating.
(Barangkali adalah benar yang telah disarankan sesorang, bahwa jantung persoalan-persoalan di dunia ini adalah sedikitnya karena ketidakmampuan manusia untuk berkomunikasi dengan sebaik yang ia perkirakan dalam berkomunikasi).




B. RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang di maksud dengan persepsi dan apa saja subproses dalam persepsi?
2.      Apakah Prinsip-prinsip dalam pemilihan persepsi?
3.      Hal apasaja yang dibutuhkan dalam Organisasi presepsi?
4.      Mengapa diperlukan adanya Presepsi sosial?
5.      Apakah Pengertian Komunikasi dan Aspek apasaja yang penting di dalam berkomunikasi?

C. TUJUAN PENULISAN
1.      Agar Dapat mengetahui apa itu presepsi dan subproses apasaja yang ada dalam persepsi tersebut.
2.      Agar dapat mengetahui prinsip prinsip dalam pemilihan persepsi
3.      Agar dapat mengetahui hal hal penting apasaja yang di perlukan dalam organisasi persepsi
4.      Agar dapat mengetahui alasan mengapa di perlukan adanya persepsi sosial.
5.      Agar dapa mengetahui pengertian dan aspek – aspek yang penting dalam sebuah komunikasi.

D. MANFAAT PENULISAN
Manfaat penulisan makalah yaitu Meningkatkan pengetahuan penulis dan pembaca dan Mengetahui dan mengerti tentang persepsi dan komunikasi.

E. METODE PENULISAN
Data penulisan makalah ini diperoleh dengan metode studi kepustakaan. Metode studi kepustakaan yaitu suatu metode dengan membaca buku kemudian di ringkas. 




BAB II
PEMBAHASAN

1. PERSEPSI DAN SUBPROSES DALAM PERSEPSI
            Persepsi pada hakikatnya adalah proses kognitif yang dialami oleh setiap orang di dalam memahami informasi tentang lingkungan, baik lewat penglihatan, pendengaran, penghayatan, perasaan, dan penciuman. Kunci untuk memahami persepsi adalah terletak pada pengenalan bahwa persepsi itu merupakan suatu penafsiran yang unik terhadap situasi, dan bukannya suatu pencatatan yang benar terhadap situasi.
            Pendapat Krech menyimpulkan bahwa persepsi adalah suatu proses kognitif yang komplek dan menghasilkan suatu gambar yang unik tentang kenyataan yang barang kali sangat berbeda dari kenyataannya.  Sedangkan menurut Duncan, persepsi itu dapat dirumuskan dengan pelbagai cara, tetapi dalam ilmu perilaku khusunya psikologi, istilah ini digunakan untuk mengartikan perbuatan yang lebih dari sekadar mendengarkan, melihat atau merasakan sesuatu.
            Menurut Luthans persepsi adalah lebih komplek dan luas kalau dibandingkan dengan penginderaan. Sedangkan perbedaan anatara persepsi dan penginderaan itu menurut Luthans selanjutnya dikatakan penginderaan itu, cara kebiasan yang bisa dipergunakan untuk mengenalnya anatara lain dengan dua aspek ini,
            Aspek penginderaan yang mempunyai kesamaan antara satu orang dengan lainnya disebut kenyataan. Kejadian tertubruknya mobil dengan truk di jalan raya disaksikan banyak orang sebagai kenyataan, walaupun kemungkinan mereka tidak setuju suatu samalainnya mengenai sebab-sebab terjadinya kecelakaan.
Penginderaan tersusun dalam cara yang unik bagi kita. Aspek proses persepsi ini tergantung pada mekanisme biologis, pengalaman masa lalu, dan perkiraan masa sekarang. Kesemuanya ini berasal dari kebutuhan-kebutuhan kita sendiri, pengalaman, nilai-nilai, dan perasaan.

Ada beberapa subproses dalam persepsi, dan dapat dipergunakan sebagai bukti bahwa sifat presepsiitu merupakan hal yang kompleks dan interaktif.
1.      Subproses pertama yang dianggap penting adalah stimulus, atau situasi yang hadir. Mula terjadinya persepsi diawali ketika seseorang diahadapkan dengan suatu situasi atau suatu stimulus.  
2.      subproses selanjutnya adalah registrasi, interpretasi, dan umpan balik (Feed back). Dalam masa registrasi gejala yang nampak ialah mekanisme fisik yang berupa peginderaan dan syaraf seseorang terpengaruh, kemampuan fisik untuk mendengar dan melihat akan mempengarui persepsi.  

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan persepsi seseorang, antara lain:
1.      Psikologi
                 Persepsi seseorang mengenai segala sesuatu di alam dunia ini sangat       dipengarui oleh keadaan psikologi.
2.      Famili
                 Pengaruh yang paling besar terhadap anak-anak adalah famili.
3.      Kebudayaan
                 Kebudayaan dan lingkungan masyarakat tertentu juga merupakan salah satu faktor yang kuat di dalam mempengarui sikap, nilai, dan cara     seseorang memandang dan memahami kedaan di dunia ini.


2. PRINSIP DALAM PEMILIHAN PERSEPSI (PERSEPSI SELECTIVITY)
            Dalam presepsi diperlukan adanya penyeleksian sehingga di peroleh suatu stimuli yang tepat pada waktu yang telah ditentukan. Pemilihan persepsi identik dengan penyeleksian semuanya yang dapat mempengaruhi kinerja baik yang disebabkan faktor luar mapun dalam.


Faktor-faktor perhatian dari luar (eksternal)
1.      Intensitas
                 Prinsip intensitas dari suatu perhatian dapat dinyatakan bahwa semakin besar intensitas stimulus dari luar, layaknya semakin besar pula hal-hal   itu dapat dipahami ( to be perceived)
2.      Ukuran
                 Faktor ini menyatakan bahwa semakin besar ukuran sesuatu obyek, maka semakin mudah untuk bisa diketahui atau dipahami.  
3.      Keberlawanan atau kontras
                 Prinsif ini menyatakan bahwa stimuli luar yang penampilannya    berlawanan dengan latar belakangnya atau sekelilingnya atau sama   sekali di luar sangkaan orang banyak, akan menarik banyak perhatian.  
4.      Pengulangan (repitition)
                 Dalam prinsif ini dikemukakan bahwa stimulus dari luar yang diulang akan memeberikan perhatian yang lebih besar dibandingkan dengan yang sekali dilihat.
5.      Gerakan (moving),
                 prinsif gerakan ini antaranya menyatakan bahwa orang akan memberikan banyak perhatian terhadap obyek yang bergerak dalam jangkauan  pandangannya dibandingkan dari obyek yang diam.
6.      Baru dan familiar,
                 Prinsif ini menyatakan bahwa baik situasi eksternal yang baru maupun    yang sudah dikenal dapat dipergunakan sebagai penarik perhatian.  


     
Faktor-faktor dari dalam (Internal set Factors)
1.      Belajar atau pemahaman learning dan persepsi
                 Semua faktor–faktor dari dalam yang membentuk adanya perhatian kepada sesuatu obyek sehingga menimbulkan adanya persepsi adalah didasarkan dari kekomplekan kejiawaan.  
2.      Motivasi dan persepsi
                 Selain proses belajar dapat membentuk persepsi, faktor dari dalam lainnya yang juga menentukan terjadinya persepsi antara lain motivasi dan kepribadian.  
3.      Kepribadian dan persepsi
                 Dalam membentuk prsepsi unsur ini amat erat hubungannya dengan proses belajar dan motivasi yang dibicarakan di atas yang mempunyai akibat tentang apa yang diperhatikan dalam menghadiri suatu situasi.  


3. ORGANISASI PERSEPSI
            Hasil pengorganisasian persepsinya mengenai sesuatu informasi dapat berupa pengertian tentang sesuatu obyek tersebut. Pengorganisasian persepsi itu meliputi tiga hal berikut:
1.      Kesamaan dan ketidaksamaan
                 Artinya obyek yang mempunyai ciri yang sama dipersepsi ada     hubungannya, sedangakan obyek yang mempunyai ciri tidak sama     adalah terpisah. 
2.      Kedekatan dalam ruang
                 Obyek atau peristiwa yang dilihat oleh orang karena adanya kedekatan dalam ruang tertentu, akan dengan mudah diartikan sebagai obyek atau peristiwa yang ada hubungannya.  
3.      Kedekatan dalam waktu
                 Obyek atau peristiwa juga dilihat sebagai hal yang mempunyai    hubungan karena adanya kedekatan atau kesamaan dalam waktu.  

4. PERSEPSI SOSIAL
            Aspek sosial dalam presepsi memainkan peranan yang amat penting dalam perilaku organisasi, sebab Persepsi sosial berhubungan secara langsung dengan bagaimana seseorang individu melihat dan memahami orang lain.
Karakteristik orang-orang yang menilai ( perceiver) dapat dikemukakan antara lain :
1.      Mengetahui diri sendiri itu akan memudahkan melihat orang lain secara tepat
2.      Karakteristik diri sendiri sepertinya bisa mempengaruhi ketika melihat karakteristik orang lain.
3.      Aspek-aspek yang menyenangkan dari orang lain sepertinya mampu dilihat oleh orang-orang yang merasa dirinya berlebihan.  
4.      Ketepatan menilai orang lain itu tidaklah merupakan kecakapan tunggal.

Karakteristik dari orang-orang yang dilihat atau dinilai (perceived) dalam proses persepsi sosial itu antara lain :
1.      Status orang yang dinilai akan mempunyai pengaruh yang besar bagi persepsi orang yang menilai.
2.      Orang yang dinilai biasanya ditempatkan dalam kategori-kategori tertentu
3.      Sifat perangai orang-orang yang dinilai akan memuberikan pengaruh yang besar terhadap persepsi orang lain pada dirinya.  

Hal yang menentukan peranan dalam proses sosial dan yang menghasilkan suatu perilaku, dapat kiranya disebutkan sebagai berikut:
1.      Atribusi ( attribution )
                 Atribusi ini diartikan sebagai suatu proses begaimana seseorang   mencari kejelasan sebab-sebab dari perilaku orang lain.  
2.      Stereotype
                 Stereotype adalah suatu proses yang cenderung melihat orang lain sebagai suatu bagian dari suatu klas atau kategori. Serta adanya persatuan umum atas sifat-sifat yang disandang, dan timbulnya suatu perbedaan antara sifat yang disandang dengan sifat-sifat senyatanya.  
3.      Halo effect
                 Halo effect dipergunakan untuk menilai pelaksanaan kerja seseorang berdasarkan atas salah satu sifat yang diketahui oleh yang menilai.
5.  PENGERTIAN KOMUNIKASI DAN TIGA ASPEK PENTING KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
            Komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan berita atau informasi dari seseorang ke orang lain. Suatu komunikasi yang tepat tidak bakal terjadi, kalau tidak penyampain berita tadi cara menyempaikannya secara patut dan penerima berita menerimanya tidak dalam bentuk distrisi.
            Chester barnand pada tahun 1930 mengadakan penelitian dengan cara stimulus pada sejumlah orang dengan, menguraikan dan menyampaikan kalimat, kemudian hasil pengamatan ini amat bermanfaat untuk mengembangkan komunikasi sebagai suatu dinamika yang penting dalam ilmu pengetahuan organisasi.  
            Dalam hasil penelitian tersebut disimpulkan 7 faktor komunikasi yang berperan menciptakan dan memelihara otoritas yang obyektif dari dalam organisasi.  
Tujuh faktor tersebut :
1.      Saluran komunikasi itu harus diketahui secara pasti
2.      Seyogyanya harus ada saluran komunikasi formal pada setiap anggota organisasi
3.      Jalur komunikasi itu seharusnya langsung dan sependek mungkin
4.      Garis komunikasi formal keseluruhannya hendaknya dipergunakan secara formal
5.      Orang-orang yang bekerja sebagai pusat pengatur komunikasi haruslah orang-orang yang cakap
6.      Garis komunikasi seharusnya tidak mendapat gangguan sementara organisasi sedang berfungsi
7.      Setiap komunikasi haruslah disahkan.  

            Banyak pengertian yang dikemukakan tentang komunikasi ini, tetapi ada tiga aspek penting yang di bahas pada buku PERILAKU ORGANISASI karangan “ Miftah Thoha ‘ yang kami jadikan refrensi di antaranya informasi, komunikasi organisasi dan komunikasi antarpribadi.
v  INFORMASI

            Sifat informasi sangat dipengaruhi oleh jumlah besar sedikitnya informasi yang diterima, cara penyajian dan pemahaman informasi, dan proses umpan balik. Implikasi dari sifat ini akan menimbulkan kelebihan informasi ( overload) hal ini merupakan keadaan bahwa besarnya jumlah informasi yang diterima akan banyak mempengaruhi jalannya komunikasi. Menurut Miller terdapat 7 reaksi terjadi kelebihan muatan informasi ini.

1.      Orang-orang akan gagal dalam memperhitungkan informasi
2.      Banyak membuat kesalahan
3.      Menunda atau menumpuknya pekerjaan ( delaying or queuing)
4.      Penyaringan ( filtering ) dalam hal ini informasi yang datang disaing, dihilangkan, ditajamkan, dan atau diabaikan.
5.      Cenderung menangkap informasi pada garis besarnya aja. Keterangan yang terperinci tidak menarik perhatiannya.  
6.      Menugaskan atau melemparkan tugas kepada orang lain untuk menghadapi kelebihan beban informasi ini.
7.      Timbulnya kesengajaan untuk menghindari informasi yang datang. Pola reaksi ini dilakukan karena seseorang manyadari sudah terlalu banyak informasi yang datang kepadanya berupa tugas-tugas yang harus diselesaikan, tetapi masih juga datang tugas-tugas atau informasi lainnya.  

Gagalnya komunikasi dalam suatu organisasi tertentu dapat dilihat dari :
1.      Apakah tujuan dari pesan yang disampaikan itu tercapai atau tidak
2.      Apakah alat komunikasi atau bahan-bahan keterangan yang sudah dilambangkan ke dalam itu mengantarkan pesan atau tidak
3.      Apakah penerima pesan dapat memenuhi apa yang dipesankan atau tidak.



Umpan balik adalah suatu cara untuk menguji seberapa jauh informasi yang dikomunikasikan itu dimengerti.  
1.      Intensi
                 Umpan balik yang efektif jika diarahkan secara langsung untuk   menyempurnakan pelaksanaan pekerjaan dan lebih menjadikan pegawai sebagai harta milik organisasi yang paling berharga.
2.      Kekhususan ( specificity)  
                 Umpan balik yang efektif dirancang untuk membekali penerima dengan Informasi yang khusus sehingga mengetahui apa yang seharusnya     dikerjakan untuk suatu situasi yang benar.
3.      Deskriptif
                 Efektifitas umpan balik dapat pula dilakukan dengan lebih bersifat deskriptif di bandingkan dengan yang bersifat evaluatif.
4.      Kemanfaatan
                 Karakteristik ini meminta agar setiap umpan balik mengandung   informasi yang dapat dipergunakan oleh pegawai untuk pejabat untuk memperbaiki dan menyempurnakan pekerjaannya.
5.      Tepat waktu
                 Umpan balik yang efektif jika terdapat pertimbangan-pertimbangan yang memperhitungkan faktor waktu yang tepat.
6.      Kesiapan
                 Agar umpan balik bisa efektif, para pegawai hendaknya mempunyai kesiapan untuk menerima umpan balik tersebut.
7.      Kejelasan
                 Umpan balik bisa efektif jikalau dapat dimengerti secara jelas oleh penerima.
8.      Validitas
                 Agar sesuatu umpan balik dapat efektif, maka umpan balik tersebut hendaknya dapat dipercaya dan sah.


v  KOMUNIKASI ORGANISASI
            Dalam organisasi dikenal adanya susunan organisasi formal dan informal.

a)      Dimensi  vertikal adalah dimensi komunikasi yang mengalir dari atas ke bawah dan sebaliknya dari bahwah ke atas, seperti yang tergambar dalam susunan organisasi yang, melukiskan hubungan kerja antara atasan dan  bawahan.
b)   Dimensi horizontal,yakni pengiriman berita atau informasi yang dilakukan antara berbagai pejabat yang mempunyai kedudukan sama.  
c) Dimensi luar organisasi, Dimensi komunikasi ini timbul sebagai akibat dari kenyataan bahwa suatu organisasi tidak bisa hidup sendiri.  

v  KOMUNIKASI ANTARPRIBADI
            Komuniaski antarpribadi ini berorientasi pada perilaku, sehingga penekananya pada proses penyampaian informasi dari satu orang ke orang lain. Suatu komuniksai antarpribadi bisa efektif nampaknya dapat dikenal dengan lima hal berikut ini. Yakni:
1.      Keterbukaan
2.      Empathy
3.      Dukungan
4.      Kepositipan
5.      Kesamaan

Dari lima konsep tersebut akan lebih lengkap kalau diikuti keterangan mengenai konsep homophily dan heterophily. Homophily menenjukan kepada suatu derajat kesamaan antara dua pihak yang terkait dalam komunikasi anatrpribadi, antar pihak penyampai dan penerima informasi. Sedangkan heterophily menunjukan kepada derajat perbedaan antara dua pihak tersebut.

BAB III
PENUTUP
A. SIMPULAN
            Dua istilah persepsi dan komunikasi ini amat erat dan penting sekali diketahui guna memahami ilmu perilaku ini. Komunikasi terjadi jika seseorang ingin menyampaikan informasi kepada orang lain. Dan komunikasi tersebut dapat berjalan baik dan tepat jika penyampai informasi tadi menyampaikannya dengan patut, dan penerima informasi menerimanya tidak dalam bentuk distorsi.
            Jika dalam proses penyampaian informasi tidak patut dan terjadi distorsi, maka komunikasi semacam ini dapat dikatakan komunikasi yang tidak efektif atau mengalami kegagalan. Kegagalan berkomunikasi bisa terjadi karena banyak hambatan-hambatan. Salah satu hambatan yang ditimbulkan dari unsur manusia yang terlibat didalamnya ialah karena persepsi yang berbeda.
            Dalam persepsi yang amat menarik dibicarakan adalah proses pemilihan persepsi, yakni suatu proses bagaimana seseorang bisa tertarik pada suatu objek sehingga menimbulkan adanya suatu persepsi mengenai objek tersebut. Adapun faktor penyebab bagaimana seseorang tertarik pada objek tersebut dapat dikelompokkan atas dua hal yakni faktor dari luar diri seseorang dan faktor dari dalam diri sendiri. Faktor dari luar misalnya karena intensitas, ukuran, kontras, pengulangan, gerakan, dan objek tersebut baru atau sudah dikenal. Adapun faktor dari dalam terdiri dari proses pemahamam atau learning, motivasi, dan kepribadian seseorang.
            Istilah lain lagi yang amat berhubungan dengan persepsi adalah komunikasi. Banyak pengertian yang dikemukakan tentang komunikasi ini, tetapi ada tiga aspek penting yang merupakan kontinum dibahas dalam buku ini. Tiga aspek tersebut adalah informasi, proses komunikasi dalam suatu organisasi, dan komunikasi antar orang. Mengenai informasi ada tiga hal penting yang dikemukakan dalam bab ini sehingga dapat memberikan pengertian tentang sifat hakekatnya. Tiga hal itu antara lain kelebihan, pengertian, dan umpan balik. Dengan demikian jika suatu informasi yang dikomunikasikan itu berlebihan akan menimbulkan beberapa reaksi, misalnya orang-orang berkomunikasi gagal memperhitungkan dengan tepat informasi yang diterimanya, banyak membuat kesalahan, menumpuk pekerjaan, penyaringan informasi, mengerti hanya garis besarnya saja, melempar tugas ke orang lain, dan menghindar dengan sengaja informasi yang datang. Adapun sifat lain dari informasi adalah pengertian dan umpan balik. Penerimaan dan pemahaman penerima informasi akan mempengaruhi pengertian ini, demikian pula umpan balik dari informasi tersebut


B. SARAN
            Persepsi dan Komunikasi merupakan alat terpenting dalam berorganisasi, Karena tanpa adanya komunikasi, organisasi tidak akan berjalan dengan maksimal. Jadi disarankan dalam sebuah organisasi harus dibarengi dengan komunikasi yang baik agar tercapai sebuah organisasi yang baik


DAFTAR PUSTAKA

Thoha, Miftah. 2007. Perilaku Organisasi; konsep dasar dan aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar